PENGERTIAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK)

Pengertian Pelatihan/Pendidikan Bimbingan Teknis (Bimtek/Bintek) adalah suatu kegiatan dimana para peserta diberi pelatihan dan pendidikan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta yang dimana materi yang diberikan meliputi Membangun Tim Kerja Efektif, Teknik Komunikasi dalam Konteks Pelayanan Prima, Survey Indeks Kepuasan Masyarakat dan Penanganan Keluhan Pelanggan, Tata Pemerintahan yang Baik dan Profesionalisme Aparatur, Kepemimpinan, dll.

Sebagai contoh : Bimtek Administrasi Kepegawaian. Mengingat diperlukannya sdm yang mampu menunjang kelancaran dalam kegiatan organisasi dalam suatu institusi maupun lembaga pemerintah, khususnya dalam bidang kepegawaian, tentunya dibutuhkan pejabat yang mampu menyusun administrasi kepegawaian secara benar sehingga penempatan personil sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuannya.

Administrasi Kepegawaian pada hakikatnya melakukan dua fungsi yaitu fungsi manajerial, dan fungsi operatif (teknis). Fungsi manajerial berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran (mental) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pegawai. Sedangkan fungsi operatif (teknis), berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan fisik, meliputi pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemensiunan pegawai.

Maka dari itu Pusat Pengembangan Manajemen Kepegawaian (PUSPEMKA) Lembaga Diklat Ditjen Politik Dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti Diklat, Seminar, Bimtek, Lokakarya, Simposium, Diskusi, Temu wicara dan atau Ceramah-ceramah serta partisipasi aktif mensosialisasikan program-program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka mewujudkan pemeratan dalam pelaksanaan Pembangunan Nasional, didukung oleh Pembicara-pembicara dari Kementerian RI, Kemenkeu RI, Bappenas, KPK, BPK, Kepolisian RI, Tenaga ahli dan Komponen-kompenen Team pakar yang dibidangnya.

Pelatihan Berpusat di Jakarta, dan melayani di seluruh daerah tertentu di indonesia Merancang dan melakukan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Beberapa bidang yang kami tangani antara lain: Bimtek Keuangan, Bimtek DPRD, Bimtek Barang & Aset, Bimtek Kepegawaian, Bintek Kearsipan, Bintek Perpajakan, Bintek Kesehatan, Bimtek Humas dan Protokol, Bintek Barang Jasa Pemerintah, Bimtek Camat,Lurah,Desa, Bimtek Pemerintahan, Bimtek Pertambangan, Bimtek Bumn/Bumd, Bimtek Pembangunan Ekonomi, Bimtek Perjalanan Dinas, Bintek Pertanahan, Bintek UKM dan Lainnya.
Dengan harapan dalam mengikuti program diklat atau bimbingan teknis dari Pusat Pengembangan Manajemen Keuangan (PUSPEMKA), akan membantu pemahaman aparatur pemerintah daerah dan instansi terkait, dalam melaksanakan peraturan pemerintah.

Pelatihan yang diberikan dari Pusat Pengembangan Manajemen Keuangan (PUSPEMKA) sangat cocok dan membantu pelaksanaan tugas di lingkungan antara lain: kantor gubernur, kantor walikota, kantor bupati, lingkungan kerja DPRD, Kepala Dinas, Badan dan Kantor SKPD, Rumah Sakit Provinsi, walikota ataupun kabupaten seluruh Indonesia.